Konfigurasi Static Routing Juniper JunOs Olive



Assalamu'alaikum wr.wb

Kali ini saya akan memberikan tutorial routing static pada juniper junos olive, yuk langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Topology :

Konfigurasi pada R1 :

Untuk pertama kali login yaitu user defaultnya adalah root dan tidak ada password.


Untuk melanjutkan konfigurasi pertama kali kita harus membuat password untuk user root kemudian kita ubah juga hostname. Nah jika sudah jangan dikira konfigurasi kita sudah tersimpan jika kita belum mengetikkan perintah commit , perintah ini ia lah pernah untuk menge-save konfigurasi. setiap konfigurasi wajib kita ketikkan commit.


Selanjutnya kita konfigurasi pembuatan IP Address sesuai topology ya :D untuk perintah nya dengan menggetikkan edit interfaces  yang berarti kita masuk ke dalam interfaces kalau di linux kan dengan perintah cd bla bla bla ye kan kalau di juniper menggunakan edit.


Jika sudah menambahkan IP Address selanjutnya kita beri deskri.


Nah jika ingin melihat hasilnya kita ketikkan show seperti di cisco. Jika sudah jangan lupa untuk menggetikkan commit jika tidak maka konfigurasi kalian tidak akan tersimpan.


Selanjutnkya kita beri IP Address di PC , ip 192.168.1.2/24 (192.168.1.1 <<--- adalah gateway)


Jika sudah kita coba ping ke router apakah sudah replay ? jika sudah maka akan seperti ini hasilnya.


Konfigurasi R2 & R3 sama ya gaes jadi saya tidak menjelaskan lagi tetapi hanya memberi screanshot konfigurasinya.

Konfigurasi pada R2 : 






Konfigurasi pada R3 :







Konfigurasi pada R1 :

Selanjutnya kita routing static ettt tetapi sebelum routing pastikan ke default dlu atau ke awal kita bisa mengetikkan perintah top atau dengan perintah exit. Nah jika sudah baru kita lakukan proses routing static nya. Maksud dari next-hop ialah IP Address dari router si B contohnya dari mana ? mau kemana ? Jika kita ingin kermh si C maka kita harus melewati rmh si B terlebih dahulu. Intinya sesuai topology ya biar ga bingung ;v hehehe


Konfigurasi pada R2 : 

Begitu juga sama dengan R2 dan R3


Konfigurasi pada R3 :


Jika sudah selanjutnya kita lakukan verifikasi apakah sudah berjalan routing static nya atau belum jika sudah maka akan seperti gambar dibawah ini. Oh iya kenapa menggunakan perintah run karena disini saya masih di dalam mode configuration jika di mode operational hanya mengetikkan show route.


Verifikasi PING !!!!!

Disini saya hanya cukup dari PC1 saja untuk pengujiannya karena kalau sudah berhasil udh pasti semuanya berhasil ;v lakukan tes ping ke PC masing-masing.

Selanjutnya verifikasi traceroute seperti di gambar bawah ini.


Cukup sekian dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua. Kurang lebih nya mohon dimaafkan
Wassalamu'alaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Konfigurasi Static Routing Juniper JunOs Olive"