Tehnik dasar scanning menggunakan NMAP Kali Linux di VirtualBox


Assalamu'alaikum wr.wb
Nmap (Network Mapper) adalah sebuah aplikasi atau tool yang berfungsi untuk melakukan port scanning. Nmap dibuat oleh Gordon Lyon, atau lebih dikenal dengan nama Fyodor Vaskovich. Aplikasi ini digunakan untuk meng-audit jaringan yang ada. Dengan menggunakan tool ini, kita dapat melihat host yang aktif, port yang terbuka, Sistem Operasi yang digunakan, dan feature-feature scanning lainnya. Pada awalnya, Nmap hanya bisa berjalan di sistem operasi Linux, namun dalam perkembangannya sekarang ini, hampir semua sistem operasi bisa menjalankan Nmap.


  1. Identifying active machine
  2. Finding open ports
  3. OS fingerprinting
  4. Service fingerprinting


Implementasi
Untuk menyingkat waktu, saya akan menjelaskan beberapa step yang saya tulis di atas.

1. Identifying active machine
Sebelum melakukan test security, pertama kita perlu mengidentifikasi mesin yang aktif pada range network yang dijadikan target. Oleh karna itu kita bisa menggunakan nmap dengan option "-sP". Yaitu melakukan scanning range ip pada segment 56 dan mengidentifikasi mesin yang aktif.

2. Finding open ports
Dengan informasi range network target dan mesin yang aktif, proses selanjutnya adalah scanning port pada mesin yang aktif untuk melihat port yang terbuka. Pada step ini saya menggunakan option "-sS" dan option "-p", dan pilih salah satu ip/mesin yang aktif untuk di-scan.

3. OS fingerprinting
Pada bagian proses pengumpulan informasi ini, adalah menentukan sistem operasi apa yang berjalan pada mesin yang aktif untuk mengetahui tipe sistem yang sedang ditest security nya. Kita akan menggunakan option "-O" untuk mendeteksi OS yang berjalan. Ketika Nmap tidak dapat mendeteksi OS secara tepat, ia terkadang memberikan kemungkinan terdekat. Tebakan yang cocok akan dilakukan oleh Nmap. Dengan option ini membuat Nmap menduga dengan lebih agresif. Nmap tetap akan memberitahu anda ketika kecocokan tidak sempurna, dicetak dan menampilkan tingkat kepercayaan (persentase) untuk setiap dugaan.

4. Service fingerprinting
Setelah port yang open diketahui dengan menggunakan salah satu metode scan diatas, hal selanjutnya adalah deteksi versi dari service yang sedang berjalan. Nmap akan berusaha menentukan nama protokol layanan serta versi dari layananan tersebut. Dan untuk mendeteksi versi dari service tersebut kita menggunakan option "-sV".

Sumber:http://hardiyanto-81.blogspot.com/2013/04/teknik-dasar-scanning-menggunakan-nmap.html

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tehnik dasar scanning menggunakan NMAP Kali Linux di VirtualBox"

  1. Tehnik Dasar Scanning Menggunakan Nmap Kali Linux Di Virtualbox >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tehnik Dasar Scanning Menggunakan Nmap Kali Linux Di Virtualbox >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tehnik Dasar Scanning Menggunakan Nmap Kali Linux Di Virtualbox >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete