Konfigurasi Sistem Kontrol & Monitoring


Assalamu'alaikum wr.wb

Monitoring adalah merupakan bagian dari sebuah aktivitas dimana sebuah pengawasan atau pemantauan untuk tujuan dan hasil dari hal tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi. Sedangkan menurut WHO Monitoring adalah suatu proses pengumpulan dan menganalisis informasi dari penerapan suatu program termasuk mengechek secara reguler untuk melihat apakah kegiatan/program itu berjalan sesuai rencana sehinga masalah yang dilihat/ditemui dapat diatasi. Monitoring server sangat banyak aplikasi yang bisa digunakan. Dalam hal ini saya ambil PRTG Network Monitor

PRTG Network Monitor memonitor ketersediaan jaringan dan pemakaian jaringan menggunakan berbagai macam protokol, meliputi SNMP, Netflow, dan WMI. Aplikasi ini termasuk powerful, menawarkan tampilan antarmuka berbasis web yang mudah digunakan serta aplikasi untuk iOS dan Android. Berikut ini fitur-fitur utama PRTG Network Monitor:

  • Comprehensive Network Monitoring, menyediakan lebih dari 170 jenis sensor untuk monitoring aplikasi, monitoring virtual server, monitoring SLA , dan monitoring QoS.
  • Flexible Alerting, meliputi 9 metode notifikasi berbeda, status alerts, limit alerts, threshold alerts, conditional alerts, dan alerts scheduling.
  • In-Depth Reporting, meliputi kemampuan untuk membuat laporan dalam format HTML dan PDF, laporan terjadwal, laporan kustom (contoh: Top 100 Ping Times) dan template laporan.




1. Pertama kita ketik PRTG pada address bar kemudian buka link berikut ini : https://www.paessler.com/ 


2. Setelah link download diklik maka akan muncul lisensi name dan lisensi key. Dimana lisensi name digunakan untuk login nantinya sedangkan lisensi key memasukkan key lisensi yang didaftarkan pada PRTG.


3. Hasil download PRTG yang berbentuk zip silahkan di extrak terlebih dahulu sehingga akan muncul file aplikasi dari PRTG Network Monitor. Kemudian Run administrator untuk memulai instalasi.


4. Setup pertama sekali pilih bahasa yang digunakan pada saat instalasi. Gunakan bahasa inggris untuk memulai instalasi lalu klik OK.


5. Selanjutnya lisensi agreement untuk melanjutkan proses instalasi. Klik tombol I accept the agrement the agreement lalu klik next.


6. Isikan alamat email yang masih aktif untuk melanjutkan proses instalasi lalu klik next.


7. Masukkan lisensi name dan lisensi key yang sudah didapatkan pada saat download.


8. Setelah proses instalasi selesai maka akan menuju link aplikasi yang ada pada PRTG secara otomatis.


9. Berikut ini merupakan tampilan dari monitorin server PRTG.


10. Berikut ini beberapa tampilan hasil monitoring.



Cukup sekian dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua
Wasalamu'alaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konfigurasi Sistem Kontrol & Monitoring"

Post a Comment