Konfigurasi NextCloud Debian 9.5


Assalamu'alaikum wr.wb

Nextcloud adalah perangkat lunak server klien untuk membuat dan menggunakan layanan file hosting. Secara fungsional mirip dengan Dropbox, meskipun NextCloud gratis dan open sources, tetapi tak menutup kemungkinan untuk siapa pun menginstal dan mengoperasikannya di server pribadi. Tidak seperti Dropbox, Nextcloud tidak menawarkan hosting penyimpanan file di tempat.

Berbeda dengan layanan seperti Dropbox, arsitektur perangkat lunak yang mendukung untuk menambah, Peningkatan, dan penggantian komponen seperti penambahan fungsionalitas ke server dalam bentuk aplikasi memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol penuh atas data mereka.

Pengembangnya yaitu Frank Karlitschek (Fork-Software Development) Nextcloud terus menerus dikembangkan secara aktif oleh Karlitschek dan anggotanya dari tim ownCloud original terdahulu.


SEJARAH
Nextcloud dibangun dari idealisme orang-orang yang pernah bekerja di ownCloud pada bulan April 2016 oleh seseorang bernama Karlitschek dan beberapa rekan kerjanya yang merupakan kontributor utama pada perusahaan tersebut yang pernah bekerja di ownCloud inc.


Belum ada suatu pernyataan resmi pun mengenai alasan mengenai terjadinya perubahan haluan yang dilakukan pekerja ownCloud tersebut. Namun, Karlitschek telah menyinggung hal ini beberapa kali pada sebuah pembicaraan di konferensi Free and Open source Software Developers' European Meeting (FOSDEM) 2018. Di konferensi tersebut, Ia menekankan ketidakcocokan budaya antara developer open source dengan orang-orang yang berorientasi bisnis. Mereka merasa ownCloud tidak benar-benar digunakan bagi komunitas open source itu sendiri.


Langsung saja kita ke konfigurasi nya.

NOTE: Disini kita memperlukan koneksi internet dan jangan lupa untuk mengganti repository lokal bisa diklik disini.

1. Pertama kita install snapd untuk memanggil nextcloud.


2. Kita akan melakukan registrasi paket snapnya agar dapat kita gunakan dalam proses instalasi.


3. Setelah itu kita bisa melakukan proses installasi dengan cara seperti gambar dibawah ini. Kita akan menunggu saja instalasi nextcloudnya sampai selesai, cepat atau tidaknya proses download dan instalasi tergantund bandwitdh yang kita gunakan.


4. Proses instalasi layanan nextcloud menggunakan snap sudah berhasil , jadi layanan nextcloud yang kita gunakan kali ini adalah nextcloud versi 16.


5. Selanjutnya kita bisa mengechek hasil instalasi nya seperti contoh gambar dibawah ini.


6. Selanjutnya kita bisa melihat informasi nextcloudnya dengan seperti contoh gambar dibawah ini.


7. Selanjutnya kita akan membuat user contoh nya disini saya membuat username andika dan password Bismillah@2019 dan pastikan Nextcloud was successfully installed.


8. Selanjutnya kita akan menampilkan informasi terkait pengaksesan atau occ konfigurasinya seperti gambar dimana ini. Jadi nextcloud ini secara default hanya bisa di akses melalui jaringan local.


9.  Jadi kita akan menambahkan konfigurasi sehingga nextcloud ini dapat berjalan pada jaringan publik atau dapat diakses pada komputer-komputer client.


10. Selanjutnya kita akan mengaktifkan ssl atau https dan pastikan tidak ada terjadi error.


11. Selanjutnya kita bisa melakukan pengujian pada client.


12. Kemudian klik Proceed to 192.168.200.104.


13. Saat ini kita sudah bisa mengakses layanan nextcloudnya selanjutnya kita bisa login dengan user yang sudah kita buat tadi.


14. Selanjutnya kita akan melakukan uji coba apa kah bisa meng-upload file.


15. Klik + kemudian klik Upload file.


16. Disini saya mencoba meng-upload beberapa file kemudian klik open.


17. Kalau sudah akan seperti ini proses uploadnya dan jika sudah berhasil akan seperti gambar dibawah ini.


18. Selanjutnya kita bisa masuk ke menu setting. Kita bisa membuat user untuk pengguna lain.


19. Kemudian klik pengguna baru.


20. Misalnya user nya wira dan password nya ******** kemudian klik ceklist.


21. Kalau sudah terbuat akan seperti ini.


22. Kemudian kita logout.


23. Selanjutnya kita login dengan user yang tadi kita buat.


24. Kalau sudah login akan seperti ini, jadi masing-masing user yang kita daftarkan memiliki direcktorynya masing-masing antara user 1 dan user lainnya tidak akan tercampur direcktory lainnya.


Cukup sekian dari saya semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konfigurasi NextCloud Debian 9.5"

Post a Comment