Membuat Database Tentang Daftar Riwayat Hidup


Assalamu'alaikum wr.wb
Pada postingan kali ini saya akan membuat database tentang daftar riwayat hidup saya. Oh iya saya ulangi, disini saya menggunakan MySQL sebagai databasenya, bagi yang belum meng-install dan konfigurasi databasenya silahkan klik disini aja dulu sekedar untuk baca-baca ya hehe , yaudah yuk kita langsung saja konfigurasinya.

1. Pertama kita cari dan buka terlebih dahulu MySQL 5.5 Command Linet Client di search, kemudian kita login dengan memasukkan password MySQL kita.

2. Kemudian kita buat database baru ya, disini saya membuatnya dengan nama DaftarRiwayatHidupAndikaWiraPratama; untuk cara membuatnya bisa menggunakan perintah create database (nama databasenya); . Setelah itu show databases; untuk melihat database yang baru dibuat tadi.

3. Kita gunakan database yang baru kita buat tadi dengan perintah use (nama databasenya), kemudian kita buat tablenya dengan perintah create table (nama table yang akan dibuat). Setelah itu masukkan perintah no mediumint not null auto_increment, yang digunakan untuk mengurutkan system numberik/numerik, jadi nanti biodata yang kita bikin akan berurutan sesuai nomor nya, setelah itu buat bagan sesuai dengan keinginan anda. Jika belum tahu caranya silahkan mampir ke postingan yang sebelumnya ya hehehe. Terahkir coba lakukan pengecekan jangan sampai ada yang tertinggal atau salah ketik.

4. Kita buat isi table yang sudah kita buat dengan Daftar Riwayat Hidup Kita , gunakan perintah seperti gambar dibawah ini untuk memasukkan data ke table yang telah kita buat sebelumnya.
*Note:
- insert into daftarriwayathidupandikawirapratama
- (No,DataDiri,KeteranganDiri)
- values : Memasukkan data dengan mengelompokkan bagan seperti No,DataDiri,KeteranganDiri ke dalam table.
- ('1','Nama','AndikaWiraPratama') : Adalah isi data dalam table yang diurutkan sesuai bagan yang dibuat.
- Perintah ==> ); : perintah yang digunakan untuk mengakhiri pemasukkan daya yang telah selesai.

5. Setelah memasukkan data kemudian lakukan pengecekan/verifikasi untuk mengetahui apakah database riwayat hidup yang tadi dibuat sudah terbentuk atau belum. Kita bisa menggunakan perintah select *from (nama tablenya) untuk melakukan pengecekkan. Jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah ini.

Cukup sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat :)
Wasalamu'alaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Database Tentang Daftar Riwayat Hidup"

Post a Comment